Rajonet Indonesia memanfaatkan website sebagai media informasi online yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Website ini menjadi sarana komunikasi digital yang efektif, yang memungkinkan penyampaian informasi secara cepat, luas dan efisien tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan memanfaatkan teknologi internet Rajonet Indonesia dapat menjangkau audiens yang lebih luas, baik dari kalangan internal maupun eksternal institusi. Website Rajonet Indonesia yang beralamat di https://rajonet.com/ merupakan salah satu bentuk pelayanan yang dapat memberikan berbagai kemudahan baik bagi anggota civitas akademika dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, maupun calon civitas yang akan bergabung dengan Rajonet Indonesia.
Elemen-elemen dalam sistem dapat berupa manusia, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur serta data yang terorganisasi dalam suatu struktur tertentu agar dapat menjalankan fungsi yang diinginkan. Dalam konteks teknologi informasi dan interaksi manusia dengan sistem, istilah ini merujuk pada sejauh mana suatu produk, sistem, atau layanan dapat digunakan oleh pengguna secara efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mendeTUGAS AKHIRkan, menjelaskan, dan menginterpretasikan data berdasarkan kondisi yang sebenarnya tanpa adanya manipulasi terhadap variabel yang diteliti. Pengujian tingkat usability terhadap website Rajo Net Indonesia dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang merupakan salah satu metode evaluasi yang sederhana namun efektif untuk menilai persepsi pengguna terhadap kemudahan penggunaan suatu sistem atau aplikasi. Dalam penelitian ini, sebanyak 55 orang telah mengisi kuesioner SUS yang terdiri dari 5 instrumen 19 indikator pernyataan. Secara umum, pengguna memberikan penilaian positif terhadap layanan dan website PT. Rajonet Indonesia. Seluruh indikator memiliki nilai rata-rata di atas 4.0, menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Aspek yang memperoleh nilai tertinggi adalah: Kemudahan mengakses situs (Mean= 4.56) Kecepatan loading halaman website (Mean= 4.56) Kemampuan menyelesaikan keluhan pelanggan (Mean= 4.54) Ini menunjukkan bahwa aksesibilitas digital dan ketanggapan teknis merupakan keunggulan utama perusahaan. Beberapa aspek memperoleh nilai yang relatif lebih rendah, meskipun tetap tergolong baik, seperti: Pelayanan cepat dan responsif (Mean= 4.02; SD = 0.99). Kegunaan website dan pelayanan tanpa diskriminasi (Mean= 4.09). Kesopanan dan keramahan staf (Mean= 4.09) Hal ini menunjukkan bahwa aspek interaksi layanan manusiawi masih perlu peningkatan konsistensi dan kualitas.
File 8 Paper Jurnal
[1] L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, pp. 179–188, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.
[2] S. Yulianti, “Analisis Usability Testing Pada Website Ukm Ldk Syahid Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 8190–8196, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10715.
[3] I. M. Herawati and D. Azahra, “Evaluasi Usability Website Jasuda.Net Menggunakan System Usability Scale (Sus),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 2, pp. 994–1000, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4328.
[4] M. Junaidi and A. Isya Alfassa, “Evaluasi Usability Website Badan Pusat Statistik (Bps) Kabupaten Indragiri Hilir Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 7, pp. 560–569, 2024.
[5] M. Muhammad, I. Hizbullah, and Z. Mabud, “Journal of Science and Engineering Analisis Kualitas Website Universitas Khairun Menggunakan System Usability Scale (Sus) Graphical Abstract,” vol. 7, no. 2, p. 123, 2024.
[6] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
[7] L. Amanda, F. Yanuar, D. Devianto, “No Title Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, 2019.
[8] M. L. L. Usman and M. A. Gustalika, “Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone,” J. Ecotipe (Electronic, Control. Telecommun. Information, Power Eng., vol. 9, no. 1, pp. 19–24, 2022, doi: 10.33019/jurnalecotipe.v9i1.2805.
[9] Teni and A. Yudianto, “Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negri 2 kedokan bunder kabupaten indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 105-117.,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2021.
[10] Naomi Ajamsaru, S. D. E. Paturusi, and V. Tulenan, “Analisis UI/UX Pada Website Program Studi Teknik Informatika Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Tek. Inform., vol. 19, no. 01, pp. 45–50, 2024, doi: 10.35793/jti.v19i01.51375.
[11] H. Y. Madawara, D. Manongga, and H. Hendry, “Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 44–55, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.933.
[12] S. P. Amini, T. Sutabri, M. T. Informatika, and U. B. Darma, “Analisis Kepuasan Pengguna SLiMS Menggunakan Metode SUS ( System Usability Scale ),” vol. 2, no. 2, pp. 59–68, 2024.
[13] M. Rizky, “Evaluasi Usability Website Pelatihan Online XYZ Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Publ. Sist. Inf. dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 87–97, 2024, doi: 10.55606/jupsim.v3i2.2769.
[14] Z. Mardiah, “Analisis Usability Testing Website Lms Poltekssn Menggunakan Metode System Usability Scale,” Indexia, vol. 6, no. 1, p. 22, 2024, doi: 10.30587/indexia.v6i1.7584.
[15] D. R. Fatullah, E. Suharto, M. M. Hakim, and S. Sutikno, “Pengukuran Ketergunaan dan Pengusulan Perbaikan Website Siaga Corona Kota Semarang,” J. Masy. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 145–160, 2022, doi: 10.14710/jmasif.13.2.48471.
[16] S. A. Wulandari and M. L. Hamzah, “Analisis Tingkat Usability Situs Website Rilis Berita Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 290–298, 2024, doi: 10.31539/intecoms.v7i1.9514.
[17] A. Rahadi, A. Putra Sutrisno, F. Nugroho, R. Desi Hertin, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Analisis Usability Ui/Ux Pada Website Klas Jgu Dengan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Inov. Keuang. dan Manaj., vol. 5, no. 3, pp. 1–10, 2024.
[18] M. Kasiram, No Title Metodologi penelitian: Kualitatif–Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.
[19] S. Margono, No Title Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[20] J. R. Murdick, R. G., Ross, J. E., & Claggett, No Title Information Systems for Modern Management. New Delhi: Prentice Hall of India., 1990.
[21] Sugiyono, No Title Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta., 2001.
[22] D. Rosalina, D. Yusup, and K. Prihandani, “Evaluasi Usability pada Website PT . Melia Sehat Sejahtera Menggunakan Metode System Usability Scale ( SUS ),” vol. 8, pp. 26759–26771, 2024.
[23] Y. Sriyeni, “Analisis Usability Aplikasi Investasi Digital Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 13, no. 2, pp. 88–93, 2022, doi: 10.36982/jiig.v13i2.2294.
[24] L. W. Pusponegoro, I. H. Lahay, and J. D. Giu, “Analisis tingkat usability dan kualitas website jurusan teknik industri menggunakan metode SUS (System Usability Scale) dan webqual,” J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 8, no. 1, pp. 396–404, 2025, doi: 10.31004/jutin.v8i1.36196.